Analisis SWOT merupakan suatau analisis yang digunakan pada suatu perusahaan guna membuat suatu strategi serta planing pada perusahaan tersebut agar mampu bersaing dan mampu menaklukkan pasar. Analisis SWOT ini sangat diperlukan oleh setiap pegiat bisnis seperti perusahaan-perusahaan besar yang sudah ternama maupun perusahaan atau unit bisnis kecil dan teergolong pemula.
Mengapa Analisis SWOT ini menjadi sangat penting peranannya? simak ulasan berikur ini mulai dari pengertian, fungsi hingga Contoh Analisis SWOT itu sendiri.
Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan singkatan dari empat parameter yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), oppurtunities (peluang) , dan threats (ancaman).
Pada parameter pertama yaitu Strength (kekuatan) merupakan parameter yang menggambarkan keadaan bagaimana suatu perusahaan bisnis mampu untuk menciptakan suatu keunggulan demi terwujudnya suatu produk unggulan yang diimpikan serta yang paling penting adalah keberadaannya dapat diterima oleh pasar.
Parameter kedua adalah Weakness (kelemahan) dimana pada parameter ini diperankan agar kita dapat mengetahui dimana letak lemah atau titik lemah dari suatu produk yang nantinya akan dihasilkan dan di pasarkan.
Oppurtunities (peluang) merupakan parameter ketiga dimana pada parameter ini difungsikan untuk dapat melihat peluang yang ada untuk menyalurkan produk agar dapat diterima dengan baik oleh pasar pada saat proses pemasaran nantinya.
Parameter terakhir adalah Threats yang berarti ancaman. Pada parameter ini penganalisis di tuntut untuk dapat peka terhadapat ancaman yang akan melanda suatu produk dari perusahaan serta dituntut agar mampu serta bisa berkompetisi dengan baik dan juga dapat bersaing dengan adil pada peredaran pasar yang luas nantinya.
Fungsi Analisis SWOT
Analisis SWOT memiliki berbagai fungsi dan tentunya bermanfaat besar terhadap perkembangan suatu perusahaan. Analisis SWOT dapat bermanfaat untuk menganalisis suatu masalah di perusahaan baik itu masalah yang bersifat internal maupun eksternal.
Selain itu Analisis SWOT juga bermanfaat dalam hal meperluas link serta jaringan dalam perambahan bisnis serta pemasaran produk atau jasa dari suatu perusahaan. Dilain sisi Analisis SWOT juga dapat bermanfaat sebagai suatu cara yang tepat guna menghindari kerugian dari suatu perusahaan.
Analisis SWOT juga difungsikan sebagai suatu cara untuk dapat mengembangkan suatu perusahaan dengan berbagai analisa yang telah dilakukan melalui empat parameter seperti sebelumnya.
Fungsi terpenting dari pelaksanaan Analisis SWOT ini adalah untuk dapat mengetahui berbagai informasi penting dari ke empat parameter yaitu : strength (kekuatan), weakness (kelemahan), oppurtunities (peluang) , dan threats (ancaman). Setelah berbagai informasi penting tersebut didapat maka akan dicarikan celah dan berbagai hal negeatif yang harus segera diperbaiki guna trackin positif pada suatu perusahaan tetap terus terjaga.
Contoh Analisis SWOT pada Perusahaan Adidas
Adidas merupakan suatu perusahaan multinasional Jerman dan merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai perlengkapan olahraga seperti sepatu sport, sepatu sepak bola, sepatu basket baju olahraga, celana training olahrag hingga perlengkapan olahraga lainnya.
Adidas mampu mengh,asilkan berbagai produk andalan pada setiap tahun, mulai dari Sepatu Sepakbola (Adidas Nemeziz 19.1 Messi "F50"), Sepatu Basket (Adidas Harden), Sepatu Sport, Sepatu Style serta berbagai produk olahraga lainnya. Konsistennya Adidas dalam mengeluarkan berbagai produk terbaru pada setiap tahunnya membuat ekslusifitas produk Adidas terjaga.
Selain itu strength lain yang dimiliki oleh Adidas adalah produsen sepatu yang satu ini telah terlebih dahulu masuk ke pasar Internasional produk sepatu. Tidak berhenti sampai disitu Adidas juga tidak pernah berhenti dalam perkara mengiklankan produk mereka.
Dilain sisi produk-produk yang dikeluarkan oleh Adidas memiliki desain produk yang kreatif, elegan, simple serta memiliki harga yang masih tergolong terjangkau bagi konsumen.
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk Adidas sendiri adalah perkembangannya yang lambat apabila membangdingkannya dengan pesaingnya. Selain itu produk Adidas yang notabenenya telah menembus pasar Internasional membuat banyak peredaran produk KW yang mengatasnamakan produk Adidas.
3. Oppurtunities (Peluang)
Perusahaan Adidas menargetkan berbagai publik figure untuk dapat meningkatkan peluang terjualnya produk mereka. Sebut saja Lionel Messi yang menjadi bintang iklan Adidas di Industri Sepak bola.
Selain itu alasan Adidas menjadi brand sepatu dan peralatan olahraga terlama di Pasar Internasional juga memberikan peluang besar untuk terjualnya produk mereka. Terdapat alasan lain dibalik peluang terjualnya produk Adidas, yaitu produk Adidas sangat diminati oleh para Generasi Millenial dan generasi setelahnya.
4. Threats (Ancaman)
Terdapat berbagai ancaman yang tentu saja dapat mengancam keberlangsungan Adidas sebagai produsen perlengkapan olahraga di Pasar Internasional, dimana salah satunya adalah perkembangan kompotitor lain yang sangat sengit dan cepat. Selain itu Kompotitor lain juga memberikan nilai tambah pada kenyamanan pengguna atas penggunaan produk mereka.
0 komentar
Post a Comment